Selasa, 30 April 2013

IRI HATI

(1Sam 18:7-8) dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: "Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa." Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya."

Iri hati ? saya percaya saudara dan saya pernah bahkan mungkin masih mempunyai perasaan itu sampai sekarang ini. Merasa panas hati ketika melihat teman sekantor promosi,beli mobil,beli rumah baru dsb sementara kita belum dan akhirnya ada perasaan menyebalkan hati atu sakit hati, (1 Samuel 18:8).... "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya."

Apa akibat dari iri hati ?
1. PERASAAN CURIGA
 (1Samuel 18:8).....akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya." Orang yang mempunyai rasa iri hati seringkali mempunyai perasaan curiga dan under estimate terhadap orang yang di irikannya. "mungkin  dia akan mengambil alih posisiku", " rangking satuku bisa diambil alih" dsb, perasaan inilah yang senantiasa terjadi dalam hidup orang yang mempunyai perasaan iri hati.
2. ROH JAHAT AKAN MENGUASAINYA
 Si jahat itu seperti singa yang mengaum-aum mengelilingi saudara dan saya yang apabila kita hilang kendali dan mempunyai hati yang tidak kudus,dapat dipastikan si jahat akan memangsa saudara dan saya, si jahat sangat pandai dia menunggu waktu yang sangat tepat atau waktu yang baik.(Luk 4:13)  Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik. Begitu juga bagi orang yang mempunyai hati yang iri,dengan sangat cepat sijahat masuk dalam hati dan pikiran kita, dan dapat dipastikan saudara dan saya mempunyai perilaku dan rencana yang jahat seperti si jahat itu.
(1 Samuel 18:11)  Saul melemparkan tombak itu, karena pikirnya: "Baiklah aku menancapkan Daud ke dinding." Tetapi Daud mengelakkannya sampai dua kali
3. MEMPUNYAI RASA TAKUT/KETAKUTAN
(1 Samuel 18:12)  Saul menjadi takut kepada Daud, karena TUHAN menyertai Daud, sedang dari pada Saul Ia telah undur.
orang yang iri hati akan senantiasa mempunyai rasa ketakutan " waduh bagaimana kalau dia...." Waduh dia bisa merebut posisiku" dsb
4. MEMPUNYAI PIKIRAN ATAU RENCANA YANG JAHAT
(1 Samuel 18:13)  Sebab itu Saul menjauhkan Daud dari dekatnya dan mengangkat dia menjadi kepala pasukan seribu, sehingga ia berada di depan dalam segala gerakan tentara.
segala rencana orang yang iri hati tujuannya cuma satu menyingkirkan orang yang dia irikan.

Saudaraku terkasih, hindari iri hati dalam diri kita, karena akan mengundang si jahat masuk dalam hidup saudara dan saya, dan jangan beri kesempatan si jahat masuk (Ef 4:27)  dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.  dan memberi peluang mengendalikan hidup kita, Gbu

IN HIS HANDS
KOERNIAWAN SOEWANDI














Tidak ada komentar:

Posting Komentar