Minggu, 28 April 2013

LAKI-LAKI DAN DEPRESI

(MAZMUR 24:6 BIS) Mengapa hatiku sedih dan gelisah?......

Laki-laki cenderung untuk menyangkal jika mengalami depresi, hal ini dikarenakan laki-laki terutama lingkungan masyarakat mengenal WAWASAN MASKULIN YANG DOMINAN, di mana laki-laki menekankan ketangguhan dan kekuatan. jarang ada laki-laki bersedia dirinya, sedih dan gelisah alias tertekan alias depresi. Asumsi masyarakat bahwa laki-laki lebih tangguh mendorong mereka mengabaikan tanda-tanda atau gejala- gejala DEPRESI.

DEPRESI merupakan gangguan mood yang terjadi akibat perasaan kehilangan kendali akan kehidupan personal seseorang.Gejala depresi pada umumnya adalah perasaan sedih, kehilangan minat atau tidak menikmati kesenangan hampir disemua aktifitas yang mereka kerjakan.

laki-laki cenderung menutupi depresi mereka dengan membuat "topeng" bagi depresinya. Laki-laki yang sudah terdokrin pada norma-norma maskulin lebih rentan untuk menderita depresi.

Gejala depresi pada laki-laki :
1. menarik diri dari lingkungan
2. gelisah,tidak termotivasi atau melambat/lamban
3. ketidak mampuan menikmati aktivitas yang sering dilakukan
4. murung dan lepas marah, agresif
5. merasa seperti gagal
6. tidur lebih atau kurang dari biasanya
7. merasa lelah sepanjang waktu
8. sakit kepala,pinggang dan penyakit fisik lainnya
9. gangguan pencernaan,mual
10. perubahan nafsu makan
apabila 6 dari 10 diatas saudara alami anda sudah masuk katagori depresi, dan apabila terjadi lebih dari 2 minggu atau lebih.

Apakah saudara,suami atau sahabat anda mengalami gejala tersebut di atas selama lebih dari 2 minggu dapat dikatakan depresi.
Bagaimana menghindari depresi ? Tentu senantiasa bersyukur dalam segala hal. tetap berpengharapan dalam Kristus Yesus dan tetap bersukacita apapun suasana hati saudara. (Ams 15:13, Ams 17:22) Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.
Ams Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

IN HIS HANDS
KOERNIAWAN SOEWANDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar