Minggu, 28 April 2013

SEDIH


(2 Samuel 18:33) Maka terkejutlah raja dan dengan sedih ia naik ke anjung pintu gerbang lalu menangis....

Kesedihan yang teramat dalam akan membuat orang, baik itu wanita atau laki-laki akan mengeluarkan air mata alias menangis? saudara pernah merasakan hal seperti itu? kesedihan yang mendalam dan saudara menangis?

kesedihan yang mendalam akan mempengaruhi hampir seluruh aktivitas yang anda lakukan setiap hari tidak dapat berjalan seperti biasanya,semuanya terasa lesu dan tak bersemangat, seperti tidak mempunyai tulang, semua serba "loyo" tidak semangat. Ams 15:13 Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. Seperti Raja Daud meratapi kematian anaknya Absalom, kepedihan hati Raja Daud alkitab katakan menyebabkan sukacita kemenangan menjadi dukacita kekalahan, wow...ternyata kesedihan hati dapat memutar balikan suasanan dan kondisi yang ada.

Apa yang terjadi ketika kepedihan hati itu terjadi dalam hidup saudara dan saya :
1. MERUBAH SUASANA SUKACITA MENJADI DUKACITA
(2 Samuel 19:1-2) Lalu diberitahukanlah kepada Yoab: "Ketahuilah, raja menangis dan berkabung karena Absalom." Pada hari itulah kemenangan menjadi perkabungan bagi seluruh tentara, sebab pada hari itu tentara itu mendengar orang berkata: "Raja bersusah hati karena anaknya."
Ketika saudara dan saya bersedih hati, suasana hati saudara akan terpancar keluar,dimana perilaku saudara dan saya begitu tidak bersemangat, dan hal ini berakibat mengubah suasana orang-orang disekeliling saudara menjadi ikut bersedih, yang sebelumnya bersukacita berubah menjadi dukacita, karena saudara dan saya.

2. MEMBUAT ORANG-ORANG DISEKELILING KITA TAK BERSEMANGAT/LOYO
(2 Samuel 19:3) Sebab itu tentara itu masuk kota dengan diam-diam pada hari itu, seperti tentara yang kena malu kembali dengan diam-diam karena melarikan diri dari pertempuran.
Ketika saudara dan saya merasakan kesedihan yang teramat sangat, dan membuat kita loyo dan tak bersemangat, akan mempengaruhi suasana atau kondisi di mana kita berada. mungin orang tua,sahabat,saudara,suami,istri dan karyawan , akan ikut mersakan kepedihan itu dan akhirnya mereka juga tidak bersemangat,seperti tentara kalah dari pertempuran,begitu loyo...!!

3. MASUK KE PERANGKAP SI JAHAT/IBLIS
Luk 4:13 Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.
Iblis tidak akan pernah diam, dia akan menunggu waktu yang tepa untuk menjerat saudara dan saya, dan waktu yang tepat adalah waktu saudara dan saya terpusat pada hati yang sedih, Iblis akan mencoba menggoda saudara dan saya, untuk melakukan apa yang dia inginkan dengan janji saudara akan sukacita dan damai sejahtera, dan apabila saudara jatuh di dalam pencobaan, saudara dan saya cepat atau lambat akan menjadi budaknya !!

Lalu bagaimana cara mengatasi kesedihan ?
1. BAGIKAN PERASAAN KITA KE ORANG YANG KITA KENAL BETUL
Dengan berbagi perasaan kita akan tenang dan banyak masukan yang dapat mendorong saudara dan saya, sehingga kita dapat keluar dari rasa bersedih, menjadi sukacita.

2. TETAP TENANG AGAR DAPAT BERDOA
Ketenagan hati, akan membuat saudara dan saya dapat berfikir bijaksana, dan yang terutama saudara dan saya dapat berkomunikasi dengan Yesus melalui DOA kita.

3. TERBUKA AKAN NASEHAT/MOTIVASI DARI ORANG DISEKITAR KITA
(2 Samuel 19:7) Oleh sebab itu, bangunlah, pergilah ke luar dan berbicaralah menenangkan hati orang-orangmu. Sebab aku bersumpah demi TUHAN, apabila engkau tidak keluar, maka seorangpun tidak akan ada yang tinggal bersama-sama dengan engkau pada malam ini; dan hal ini berarti celaka bagimu melebihi segala celaka yang telah kaualami sejak kecilmu sampai sekarang."
ketika kita mau mendengar nasehat dan motivasi dari orang sekitar dan akan membuat saudara dan saya

Saya berdoa,sekiranya Yesus menjamah hati kita,agar senantiasa ita di dalam Tuhan Yesus walau apapun yang terjadi Yesus itu baik, Gbu

IN HIS HANDS
KOENIAWAN SOEWANDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar